Abstrak Skripsi

Abstrak

Abdul Fattah, Perpaduan Nilai Budaya Jawa dan Islam dalam Konstruksi Etika Jawa. Skripsi. Jakarta: Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, Januari 2009

Serat Centhini merupakan karya Sastra Jawa yang tidak hanya berisi tentang etika Jawa, tapi juga memuat nilai-nilai Islam. Sehinga dapat diasumsikan nilai Jawa dan Islam berpadu di dalamnya, membentuk sebuah konstruksi Islam Jawa yang khas. Hal ini sesungguhnya yang melatarbelakakngi dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perpaduan dua etika tersebut (Jawa dan Islam) dan kemudian menganalisisnya dengan suatu metode penelitian.

Teori yang digunakan difokuskan pada teori tentang etika dan asimilalasi budaya (dalam hal ini etika), dan ini berkesesuaian dengan permasalahan. Dengan menggunakan metode analisis isi penelitian ini dapat menghasilkan temuan bahwa konstruksi Etika Islam Jawa merupakan konvergensi antara etika Jawa dan Etika Islam. Namun demikian konstruksi etika Jawa juga memiliki aspek-aspek perbedaan (divergensi) antara etika Jawa dan etika Islam.

Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perpaduan etika Jawa dan etika Islam tidak menimbulkan konflik budaya (etika), tetapi justru mewujudkan harmonisasi kebudayaan Jawa dan memantapkan identitas Jawa. Oleh karena itu, perpaduan ini memberikan manfaat kepada masyarakat Jawa dalam menghadapi perubahan kemasyarakatan. Namun demikian, horizon kebudayaan Jawa yang akan terus berkembang akan turut mempengaruhi corak etika Islam Jawa. Oleh karena itu, saran yang dapat diajukan adalah perlu diadakan reinterpretasi, reformulasi, dan reaktualisasi Islam Jawa, agar masyarakatnya tidak mengalami kekagetan etik (ethical shock) dalam mengalami perubahan kemasyarakatan ke depan.

Abstrak

Abdul Fattah, Perpaduan Nilai Budaya Jawa dan Islam dalam Konstruksi Etika Jawa. Skripsi. Jakarta: Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, Januari 2009

Serat Centhini mujudake Karyo Sastro Jowo sing isine ora mligi babagan etika Kabudayan Jowo nanging ugo ngemot kaweruh sareat islam. Mulo biso dianggep antarane budoyo Jowo lan sareat islam biso luluh manunggal dadi siji, mujudake salah sijine wewangunan budoyo islam Jowo sing bedo karo liyane(khas). Yo bab iki sejatine kang njalari den anakake panaliten. Panaliten iki duwe tujuan kanggo nggambarake nyawijine antarane budoyo Jowo lan sareat islam lan sak banjure dianalisa ngganggo metode penelitian..

Teori kang digunakake mligi marang teori babagan etika lan asimilasi budoyo ( etika ), lan iki jumbuh karo pokok masalahe. Kanthi migunakake metode analisis isi  panaliten iki biso ngasilake lan nemokake mungguh Konstruksi etika Islam Jawa mujudake perangan kang ora bedo antarane etika Jowo lan etika Islam. Ananging kontruksi etika Jawa ugo nduweni perangan-perangan kang ora podho ( cengkah) karo etika Islam

Kanthi panaliten iki biso disimpulake mungguh nyawijine etika Jawa lan etika Islam ora ndadeake cengkahing budoyo ( etika ) nanging malah biso mujudake harmonisasi kabudayan Jawa lan gawe mantebing jati diri Jawa. Mulo soko kuwi nyawijining etika Jawa lan etika Islam bisoa migunani tumprap masyarakat Jawa kanggo ngadepi owah gingsire kemasyarakatan. Nanging amargo jembaring kabudayan Jowo sing terus ngremboko ugo bakal nggowo pengaruh tumrap cak-cakane etika kabudayan Islam Jawa. Mulo soko kuwi , saran sing tak aturake perlu dianake reinteprestasi, reformulasi lan reaktualisasi Islam Jawa, supoyo ing tembe buri masyarakat ora bakal ngalami kekagetan etik (ethical shock) sajroning ngadepi owah-owahan sistem kemasyarakatan.

Abstract

Abdul Fatah, Unification of Java and Islamic Cultural Values in Construction of Javanese Ethic. Thesis. Jakarta: Department of Islamic Studies, Faculty of Social Science, State University of Jakarta, January 2009.

Serat Centhini is a Java’s literature creation which its not only consist of Java’s ethic but also Islamic values. So that, it assumed that Islamic values and Java’s values were unified and made a unique Islamic-Java construction. It’s interested to research for finding distinct description of both unification.

The use of theory is focused in the theory of ethic and cultural assimilation and it’s suitable with the case. Through content analysis, this research produces some discovery that construction of Java and Islamic ethic is convergence between Java’s ethic and Islamic one. But, Java’s ethical construction also has different aspects (divergence) between Java’s ethic and Islamic one.

Conclusion of research is unification of Java and Islamic ethic surely does not cause cultural conflict (ethical conflict), but it creates a harmony of Java’s culture and strengthens Java’s identity. This unification also gives advantages and benefits for Javanese (society) to face societal changes. However, horizon of Java’s culture will develop and influence design of Java-Islamic ethic. Therefore, it’s necessary to held reinterpretation, reformulation, and re-actualization of Islamic Java in order Javanese society do not take any ethical shock of societal change in the future.


ملخّص

عبد الفتاح, اندماج نتائج ثقافة جاوى و الإسلام في بناء أخلاق جاوى. جاكرتا : قسم الدراسات الإسلامية, كلّية العلوم الاجتماعية, جامعة جاكرتا الحكومية, يناير ٢٠٠٩ م.

Serat Centhini ثمرة ادبية جاوى اّلتي تتركّب من أخلاق جاوى و النتائج الإسلامية حتّى تُرى انّ نتائجهما مندمجة فيها و تشكّل بناء الإسلام-جاوى الخاصّ. و ها هو ما يُقصد هذا التدقيق لشرح اندماج الأخلاق كلاهما (جاوى و الإسلام) و تحلّته بطريقة التدقيق.

و النظرية المستعملة في التدقيق تُركّز في النظرية عن الأخلاق و اتّحاد الثقافة. و هذه مطابقة بالمسألة. فبطريقة تحليل اللّبّ تُحصل انّ بناء أخلاق جاوى و الإسلام هو المساواة بين أخلاق جاوى و الإسلام, و له الفرق بينهما كذالك.

و يستنبط من هذا التدقيق انّ اندماج نتائج ثقافة جاوى و الإسلام في بناء أخلاق جاوى لا يسبّب صدام الثقافة بل هو يؤيّد تناسق او انسجام ثقافة جاوى و يثبّت هويّته لكنّ أفق ثقافة جاوى سوف يرتقي و يؤثّر ألوان أخلاق جاوى الإسلاميّ .

فلذا, الاقتراح لهذا الأمر هو استلزام أداء التكرير في التفسير و تجديد حدوث جاوى و الإسلام حتى لا يشعر المجتمع برعب قواعد الأخلاق في تحويل المجتمع المستقبل.

~ by fahdamjad on February 12, 2009.

One Response to “Abstrak Skripsi”

  1. I have face a big trouble in making an abstract…. he he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: